#OWNERSPEAK : IRIS HARIBANING, MELEJIT DI JALUR KULINER

by HIJJA


Posted on Saturday, April 8, 2017



Banyak yang tidak menyangka kalau Ibu dari 3 anak yang selalu terlihat ceria ini dulunya adalah seorang guru. Di kehamilan yang pertama, Iris langsung memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan mencoba untuk membuat baju agar bisa tetap berkegiatan. Seiring berjalan waktu, bukannya semakin nyaman namun Iris merasa repot dan kewalahan karena bajunya dibuat berdasarkan pesanan. Akhirnya Ia pun memutuskan untuk menghentikan usaha pertamanya tersebut.



Suaminya yang juga seorang wiraswasta saat itu menjadi supplier bahan baku restoran khususnya ikan. Saat itu Iris melihat ada banyak sekali kelebihan bahan baku. Setelah mencari ide, Iris memutuskan untuk memanfaatkan sisa hasil limbah tersebut untuk diolah menjadi keripik gurame dan diberi nama PIKAMEAME. Dengan terus berinovasi dan menambah berbagai varian menu seperti olahan ayam kampung. Di tahun 2015 sang suami mencoba mengolah minuman dengan bahan dasar green tea dan ternyata justru menerima respon positif dan diterima pasar. Kini Pikameame lebih menonjolkan produk minumannya dengan 5 varian menyegarkan, yaitu greentea latte, thaitea latte, oxy greentea dan oxy blacktea.


Salah satu varian produk minuman Pikameame

Dalam jangka waktu hampir 2 tahun, Pikameame saat ini sudah memiliki 22 agen yang tersebar di pulau Jawa, Denpasar dan Lampung. Tidak hanya berjualan produk dan meraup keuntungan semata namun Iris memiliki keinginan agar banyak umat muslim bisa berusaha atau berdagang, itu sebabnya Ia tidak ada rencana untuk membuka outlet sendiri.


Ada banyak pengalaman berharga yang didapat selama menjalankan usahanya. Pernah mengalami ditipu orang hingga menjual semua aset yang dimiliki, namun Iris percaya ini adalah rejeki dari Allah dan pasti ada jalan. Dengan terus membesarkan hati suami, mereka berusaha berjuang dan kembali bangkit bersama, berserah diri pada Allah dan juga menjauhkan diri dari riba. Alhamdulillah secara perlahan semuanya pun kembali membaik bahkan semakin baik. Dari yang awalnya one man show dan selalu membawa anak-anaknya di pasar minggu kawasan UGM Yogyakarta, hingga kini sudah memiliki karyawan.


Iris memakai Karimun Outer by AFHJ

"Jika sedang mengalami masa sulit jangan pernah menyerah dan terus percaya akan janji Allah. Banyak-banyaklah berteman karena mereka akan membantu kita. Dan jalani pekerjaan yang kalian suka, insyaAllah hasilnya akan baik", pesan Iris kepada seluruh muslimah.



Text : Dian Septiani R.

Foto : Afnia Rosa Z.